Eryngii Mushroom Tom Yam

Bagi penggemar kuliner, pastinya cukup familiar dengan masakan yang satu ini. Yuk kita bahas sedikit mengenai tom yam atau tom yum. Makanan ini adalah makanan sejenis sup bening bercitarasa pedas yang berasal dari Laos dan Thailand.
Eryngii-Mushroom-Tom-YamKuliner yang satu ini merupakan salah satu kuliner populer yangberasal dari Thailand. Dalam arti kata asalnya, “tom” berasal dari bahasa Thailand yang artinya merebus (dalam hal ini membuat sup), sedangkan “yam” mengacu pada salad yang memiliki citarasa pedas dan asam yang merupakan salad khas Thailand dan Laos.
Sehingga jika diartikan, tom yum artinya sup asam dan pedas. Untuk mendapatkan citarasa tersebut umumnya menggunakan bumbu seperti sereh, lengkuas, daun jeruk purut, air jeruk nipis, saus ikan dan cabe.
Umumnya tom yam menggunakan isian udang atau dengan tambahan ikan akan tetapi dapat juga menggunakan seafood yang lain, ayam atau daging. Tom yam yang menggunakan seafood disebut Tom Yam Talay, sedangkan yang menggunakan ayam disebut Tom Yam Gai, dan yang menggunakan iga babi disebut Kradook Mook.
Resep tom yam yang spesial dikenal dengan sebutan Tom Yam Goong Mae Nam (goong = udang), yang merupakan induk dari pengembangan resep tom yam yang lain. Nah untuk kali ini kita akan membuat tom yam dengan menggunakan jamur paha ayam atau jamur Eryngii (king oyster mushroom) yang tentunya tidak kalah enak dan bergizi.
Membuat tom yum, buat sebagian orang mungkin agak terlalu repot karena memerlukan beberapa tahapan seperti menumis bumbu dan membuat kaldu udang (prawn), membuat pasta cabe atau disebut juga pasta tom yam terlebih dahulu. Akan tetapi untuk memudahkan dalam pembuatan tom yam, dapat digunakan bumbu tom yam yang siap pakai yang banyak dijual di toko-toko.
Citarasa mungkin akan berbeda dibandingkan apabila kita menggunakan bumbu asli, namun jika kita bisa menggunakan bumbu siap pakai dengan jumlah yang tepat, makanan yang dimasak pun dapat enak dimakan. Tom yam dapat dikonsumsi saat snack time, sebagai appetizer atau sebagai bagian dari healthy big meal Anda.
Untuk 3-4 porsi
Bahan

350 g jamur eryngii atau jamur paha ayam (iris tipis menyamping)
3 batang sereh (dimemarkan)
4-5 daun jeruk
1 buah cabe merah (iris tipis memanjang)
2 batang daun bawang (potong +3 cm)
¼ sdt garam atau sesuai selera
1 bungkus (50g) bumbu tom yam siap pakai
1 L air

Cara membuat

  1. Panaskan air sampai mendidih. Masukkan sereh dan daun jeruk.
  2. Masukan bumbu tom yam, cabe merah dan daun bawang. Aduk rata. Masukan potongan jamur.
  3. Masak sampai mendidih.
  4. Angkat dan sajikan.
Nilai gizi per porsi
Energi: 96 kkal
Lemak: 2,5 g
Karbohidrat: 12,7 g
Serat: 3,4 g
Protein: 5,7 g

Tips dan saran
  • Atur tingkat rasa pedasnya sehingga sesuai dengan selera anda. Rasa pedas yang berlebihan dapat meningkatkan nafsu makan dan mengganggu pencernaan untuk beberapa orang.
  • Anda bisa menambahkan sumber-sumber protein yang lain seperti dari jenis seafood, ayam, daging atau tahu dan tempe.
  • Untuk menambahkan citarasa, dapat ditambahkan potongan seledri sebagai topping.

Leave a Reply

Powered by Blogger.