Kohesi



Kohesi adalah gaya tarik menarik antara partikel sejenis. Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, kohesi adalah gaya tarik menarik antara molekul-molekul dalam suatu benda. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kohesi adalah gaya tarik menarik antara partikel / molekul yang ada di dalam suatu banda. Perbedaan besar kohesi dan adhesi ( lawan kohesi ), akan menyaebabkan bentuk permukaan zat cair tidak datar seutuhnya, tetapi meniskus ( cembung atau cekung ).
Jika kita memesukkan air ke dalam suatu wadah yang berdiameter besar, bentuk permukaan air tampak datar. Namun, sebenarnya tidak demikian. Hal itu akan tampak jelas jika air kita masukkan ke dalam wadah yang berdiameter kecil.

 Jika kita menuangkan air ke dalam tabung reaksi yang diolesi minyak,bentuk permukaan air tampak cembung. Bentuk seperti itu disebut meniskus cembung. Hal itu terjadi karena kohesi antarpartikel air lebih besar daripada adhesi antara air dan minyak.

Jika kita menuangkan air atau minyak ke dalam tabung reaksi, bentuk permukaannya tampak cekung. Bentuk seperti itu disebut meniskus cekung. Hal itu disebabkan adhesi antara partikel-partikel air atau minyak dan kaca lebih besar daripada kohesi antarpartikel air atau minyak. Hal itulah yang menyebabkan air dan minyak bersifat membasahi dinding.

Jika kita memasukkan pipa kapiler pada bejana yang berisi air, permukaan air pada pipa kapiler lebih tinggi daripada permukaan air pada bejana. Hal ini disebabkan adhesi lebih besar daripada kohesi. Namun, jika pipa kapiler itu kita masukkan pada bejana yang berisi raksa, permukaan raksa pada pipa kapiler lebih rendah daripada permukaan raksa pada bejana. Hal ini disebabkan kohesi lebih besar daripada adhesi.

Adanya kohesi antarpartikel zat cair menimbulkan suatu peristiwa yang disebut gejala permukaan. Adanya tegangan permukaan menyebabkan zat cair selalu menuju ke keadaan yang luas permukaannya kecil. Luas permukaan terkecil berupa bidang datar. Itulah sebabnya, bentuk permukaan zat cair yang tenang selalu datar. Selain itu,adanya tegangan permukaan juga menyebabkan benda-benda kecil seperti jarum, pisau, silet, dan serangga dapat terapung di atas air.

Leave a Reply

Powered by Blogger.