Pembentukan Harga Pasar



A.  Permintaan Barang dan Jasa
1. Pengertian
=> kesanggupan pembeli untuk membeli berbagai jumlah barang dan jasa pada berbagai tingkat harga dalam waktu tertentu.
2. Faktor-Faktor
a. Harga
b. Pendapatan
c. Intensitas kebutuhan
=> mendesak atau tidaknya suatu kebutuhan
d. Selera
e. Perkiraan pendapat
f. Perkiraan harga
g. Adat dan kebiasaan
h. Harga barang substitusi
=> barang pengganti
i. Harga barang komplementer
=> barang pelengkap
3. Macam-Macam
a.  Daya Beli Konsumen
1.  Efektif
=> disertai daya beli masyarakat atau konsumen
2.  Potensial
=> disertai dengan kemampuan membeli, tetapi belum melakukan transaksi
3.  Absolut
=> tidak disertai daya beli masyarakat atau konsumen
b.  Jumlah Permintaan
1.  Individu
=> berasal dari seseorang
2.  Kolektif
=> kumpulan dari permintaan individu
c.  Subjek
1.   Konsumen
=> dilakukan oleh masyarakat dalam rangka memenuhi kebutuhannya
2.   Produsen
=> dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang dan jasa terhadap faktor-faktor produksi yang dibutuhkannya
3.   Pemerintah
4.   Luar Negeri
=> daya beli masyarakat akan barang-barang yang kita ekspor dengan adanya perdagangan internasional
4. Hukum
Hukum permintaan :
“Jika harga suatu barang atau jasa naik, jumlah barang atau jasa yang diminta turun. Sebaliknya, jika suatu harga barang atau jasa turun, jumlah barang atau jasa yang diminta naik.”
Berlaku -> cateris paribus.
=> faktor-faktor lain yang ikut memengaruhi naik turunnya permintaan tidak berubah (konstan).
5. Kurva
=> suatu garis yang menghubungkan titik-titik potong antara harga barang atau jasa yang diminta.
Kurva -> bahasa Inggris -> curve => belokan, tikungan, atau lingkungan.
Bentuk => kiri atas ke kanan bawah
6. Etika Ekonomi
Etika -> bahasa Yunani -> ethos => kebiasaan atau watak.
=> nilai-nilai hidup dan hukum-hukum yang mengatur hidup manusia yang sesuai dengan aturan ekonomi.
Etika ekonomi yang harus diperhatikan :
a. Konsumen harus menyesuaikannya dengan jumlah pendapatan yang dimiliki
b. Jumlah barang dan jasa yang ingin dibeli tidak boleh berlebihan
c. Konsumen mendahulukan barang dan jasa yang lebih penting
d. Konsumen tidak mudah terpengaruh oleh iklan dan bujukan orang lain

B.  Penawaran Barang dan Jasa
1. Pengertian
=> berbagai jumlah barang atau jasa yang ingin dijual oleh penjual atau produsen pada waktu tertentu dan pada berbagai tingkat harga.
2. Faktor-Faktor
a.  Harga
b.  Jenis barang
c.  Biaya produksi
=> semua biaya yang dikeluarkan produsen untuk memproduksi barang atau jasa
d.  Teknologi
e.  Kebutuhan akan modal
f.  Harga barang lain
g.  Pajak atau subsidi
h.  Perkiraan harga
i.  Jumlah produsen atau penjual
3. Macam-Macam
a. Individu
=> penawaran barang atau jasa yang berasal dari seorang produsen
b. Kolektif
=> penawaran yang merupakan kumpulan dari penawaran individu
4. Hukum
Hukum penawaran :
“Jika harga suatu barang atau jasa naik, jumlah barang atau jasa yang ditawarkan naik. Jika harga suatu barang atau jasa turun, jumlah barang atau jasa yang ditawarkan ikut turun.”
Berlaku -> cateris paribus.
5. Kurva
Bentuk -> kiri bawah ke kanan atas.
6. Etika Ekonomi
a.  Penjual atau produsen harus mengetahui jenis barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen
b.  Penjual atau produsen harus mengetahui berapa perkiraan jumlah barang dan jasa yang dibutuhkan konsumen
c.  Penjual atau produsen harus memberikan harga yang wajar dan dapat dijangkau oleh masyarakat
d.  Penjual atau produsen harus mengetahui selera konsumen
e.  Penjual atau produsen harus mengetahui peristiwa penting tertentu
f.  Penjual atau produsen harus mengetahui strategi penawaran yang tepat sesuai dengan jenis barang dan jasa yang ditawarkan
g.  Penjual atau produsen harus memerhatikan kepentikan masyarakat banyak dan tidak merugikan masyarakat
C.  Harga Keseimbangan
1.  Pengertian
Barter => tukar-menukar barang yang dibutuhkan sebelum ada uang
Kelemahan :
ü  Orang yang memilik barang yang dibutuhkan orang lain, belum tentu bersedia menukarkan barangnya
ü  Tidak efektif
Harga => nilai tukar suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang.
2.  Fungsi
a.  Menentukan pilihan
b.  Menetapkan tingkat pertukaran
c.  Menyeimbangkan permintaan dan penawaran
d.  Menentukan tinggi rendahnya pendapatan riil
e.  Mendukung status sosial pembeli
f.  Mengalokasikan faktor-faktor produksi (SDA, tenaga kerja, modal, dan skill)
3.  Terjadinya Harga Pasar atau Harga Keseimbangan
=> harga yang terbentuk pada titik perpotongan antara kurva permintaan dan kurva penawaran. Dengan kata lain, harga pasar atau haga keseimbangan terjadi saat jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan. Harga pasar dapat dicapai melalui kesepakatan antara pembeli dan penjual setelah mereka melakukan tawar-menawar

Leave a Reply

Powered by Blogger.