Part III >> Inisiasi Sanata Dharma 2014--(Lupakan) Reputasiku!!!

Saya pun kembali fokus menyetel kamera yang saya pegang. Di sebelah saya ada seorang wartawan wanita yang tiba-tiba ngedumel juga.
“Sudah, ah. Ini pertama dan terakhir kali (liputan-Ninda) di sini.”

Jujur saya kaget mendengarnya, tapi saya paham betul situasi yang terjadi di bangku pers. Dengan memasang wajah sok polos saya memberanikan diri untuk bertanya alasannya. Beliau berkata peraturan yang dibuat oleh panitia ribet dan aneh. Saya hanya tersenyum, dalam hati saya mengiyakan pernyataan tersebut. Setelah merasa cukup dengan hasil gambar yang saya dapatkan, saya bergegas menuju bangku pers dan menceritakan semuanya kepada sahabat saya. Ternyata di bangku ini juga sudah ada keributan.
Romo Andalas selaku Wakil Rektor III pun langsung turun tangan. Beliau mengizinkan para awak media untuk meliput dan mengambil gambar sebanyak dan selama yang kami mau. Romo Andalas pun langsung mengatakan bahwa setelah acara selesai akan ada konferensi pers dengan Bu Risma dan awak media boleh bertanya apapun. Tak perlu melakukan wawancara kepada Ketua Umum bila dianggap tidak perlu.
Masalah memang reda, tapi tidak dengan emosi para awak media. Salah satu wartawan dengan nyinyir berkata, “Baru ngudang Bu Risma sudah seperti ini. Mungkin kalau besok ngundang presiden kita bakal disuruh ngeliput dari Mrican.” Hahaha. Saya hanya bisa tertawa dalam hati.
“Mbaknya dari pers mana?” tanya seorang wartawan Sindo mengagetkanku.
“Kami dari natas, Bu. Pers kampus Sadhar,” jawabku.
“Wah, pers kampus, ya? Enak, dong. Pasti aksesnya lebih gampang.”
“Ah, ngga juga, Bu. Kami juga sama. Ngga boleh ini-itu. Peraturannya sama, kok, Bu,” jawab sahabat saya.
Lha, iya to, Mbak? Walah harusnya kalian itu dapet hak lebih. Kan, atas nama kampus. Kalau kalian saja dibegitukan gimana pers yang lain?” kami hanya memberikan seutas senyum tanpa kata. Ibu-ibu tadi langsung berteriak kepada rekan media yang lain tentang informasi yang baru saja ia peroleh.

Untung Romo Andalas dan bagian Humas Sadhar rela turun tangan dengan sigap. Di satu sisi saya setuju dengan dumelan para awak media tersebut, tapi di satu sisi saya adalah mahasiswa Sanata Dharma yang juga merasa was-was apabila kredibilitas kampus akan turun drastis hanya karena tidak sanggup meladeni para pencari berita yang mereka undang sendiri.

<< previous

@aninditaninda

2 thoughts on “Part III >> Inisiasi Sanata Dharma 2014--(Lupakan) Reputasiku!!!

Powered by Blogger.